Jalan Tol Terpanjang di Sulawesi Resmi Dibuka, Proyek Infrastruktur Mengubah Wajah Pulau dan Keunggulannya

Jalan Tol Terpanjang di Sulawesi Resmi Dibuka, Proyek Infrastruktur Mengubah Wajah Pulau dan Keunggulannya
Ket : Jalan Tol Terpanjang di Sulawesi Ini Mampu Pangkas Waktu 2 Jam Jadi Hanya 35 Menit, Dananya Diperkirakan Tembus hingga Rp4,95 Triliun / Ilustrasi. (Pixabay)

iTimes - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) resmi membuka jalan tol terpanjang di Sulawesi, yang diharapkan mampu meningkatkan aksesibilitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut. Jalan tol ini merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) yang bertujuan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di luar Pulau Jawa.

Dilansir dari laman bpjt.pu.go.id, jalan tol yang berada di Pulau Sulawesi ini dibangun dengan panjang total mencapai 39,85 kilometer.

Mempunyai panjang 39,85 kilometer, tak heran jika jalan tol ini disebut sebagai tol terpanjang di Pulau Sulawesi. Selain menjadi yang terpanjang di Pulau Sulawesi, Jalan Tol Manado-Bitung juga merupakan tol pertama yang ada di wilayah Sulawesi Utara.

Dikutip dari laman bpjt.pu.go.id pada Minggu, 1 September 2024, Presiden Jokowi menyebut bahwa Jalan Tol Manado-Bitung mampu memangkas waktu tempuh dari 1,5-2 jam menjadi hanya 35 menit. 

Baca Juga : Polri Minta Maaf Soal Rekayasa Lalin Selama Kunjungan Paus Fransiskus

"Gubernur Sulut menyampaikan waktu tempuh Manado-Bitung yang sebelumnya sekitar 1,5-2 jam, dengan jalan tol ini jadi hanya 35 menit," ujar Jokowi.

Diketahui, Jalan Tol tersebut mampu memangkas waktu tempuh 2 jam hanya 35 menit, Dimana jalan tol terpanjang di Pulau Sulawesi ini dibangun dengan dana investasi yang fantastis.

Dilansir dari laman kpbu.kemenkeu.go.id, jalan tol terpanjang di Sulawesi ini dibangun dengan dana investasi yang fantastis yaitu jumlahnya ditaksir mencapai Rp4,95 triliun.

Tol Sulawesi dibagi Menjadi 2 Seksi

Sebagai informasi, jalan tol terpanjang di Pulau Sulawesi sepanjang 39,85 kilometer ini terbagi menjadi dua seksi pada tahap pembangunannya.

  • Seksi 1 jalan tol ini yaitu Ring Road Manado-Sukur-Airmadidi sepanjang 11 kilometer yang terbagi menjadi Seksi 1A ruas Manado-Sukur sepanjang 5 kilometer dan Seksi 1B ruas Sukur-Airmadidi sepanjang 6 kilometer.
  • Sedangkan, untuk Seksi 2 yaitu Airmadidi-Bitung sepanjang 28,85 kilometer yang terbagi menjadi Seksi 2A Airmadidi–Danowudu sepanjang 15,35 kilometer dan Seksi 2B Danowudo–Bitung sepanjang 13,5 kilometer.

Baca Juga : Resmi disahkan Jokowi, Inilah Besaran Uang Pesangon Karyawan Swasta Berdasarkan UU Cipta Kerja

Dibangunnya Jalan Tol Manado-Bitung mampu memangkas biaya logistik dari Pelabuhan Bitung dan mendukung peningkatan perekonomian kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung.

Selain itu, jalan tol terpanjang di Pulau Sulawesi ini juga didukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Manado-Bitung-Likupang.

Dimana pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung telah rampung dan bisa dioperasikan seluruhnya pada Februari 2022 lalu.

Demikian informasi mengenai jalan tol terpanjang di Sulawesi ini yang berhasil di rampung dimana mampu pangkas waktu 2 jam jadi hanya 35 menit. (***) 

(Tim Network News)

Previous Post Next Post